Home News Tak Ada Daerah Sangat Aman, Nanti Kita Lalai

Tak Ada Daerah Sangat Aman, Nanti Kita Lalai

8
0
Tak Ada Daerah Sangat Aman, Nanti Kita Lalai


Cilegon

Kapolda Banten, Irjen Fiandar, mengatakan sudah mengantisipasi kerawanan terkait gelaran Pilkada Serentak 2020. Dia mengatakan aparat siaga untuk menjaga kondusivitas jelang digelarnya pilkada di 3 kabupaten/kota.

“Semuanya akan kita antisipasi, tidak ada yang sangat aman, tidak karena nanti kita lalai. Tapi serem-serem banget rawan sekali juga tidak di sini, tergantung warganya sini, warganya baik-baik, kok,” kata Irjen Fiandar kepada wartawan di kantor KPU Cilegon, Jumat (4/9/2020).

Polisi berupaya sebisa mungkin agar tidak terjadi gesekan antarpendukung di Pilkada Serentak 2020. Selain tugas pengamanan, polisi dibebani tugas menegakkan disiplin protokol kesehatan baik dalam proses pendaftaran calon maupun kampanye.

“Kita dengan Pemda, dengan TNI, sama-sama mengingatkan masyarakat. Di sini dikasih filter, itu sama-sama antisipasi COVID juga ini, di sana juga ada tensi, pola duduk. Termasuk nanti kampanye juga mereka akan mengantisipasi itu supaya kampanye jalan, misi yang disampaikan ke masyarakat jalan, tetapi penyebaran COVID tidak terjadi atau bisa diminimalisir,” ujarnya.

Fiandar mengingatkan bahwa ancaman penyebaran virus Corona masih terjadi di semua daerah di Indonesia. Untuk itu, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya pendukung dan simpatisan calon agar tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Semua komponen masyarakat diingatkan bahwa kita masih ada ancaman COVID, pedomannya 3M, memakai masker, mencuci tangan sesering mungkin dengan air mengalir dengan menggunakan sabun, dan menjaga jarak,” kata dia.

Di Cilegon, lanjut Fiandar, Polres mengerahkan 2/3 kekuatan untuk mengamankan proses Pilkada Serantak. Personel Polda Banten akan menerjunkan prajurit jika diminta oleh Polres setempat.

“Kalau di Cilegon 2/3 kekuatan Polres, kalau Polda back up tidak langsung, karena yang melaksanakan operasi ini kan Polres, kewilayahan jadi kita cadangan stand by, tergantung Polres bilang kurang kita kirim,” tuturnya.

Diketahui, ada tiga pilkada yang digelar di Banten pada Pilkada 2020. Ketiga gelaran tersebut ialah Pemilihan Bupati (Pilbup) Serang dan Pilbup Pandeglang, serta Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Cilegon.

(bal/jbr)



Source

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here