Home News Sudah Negatif Corona, Bacalon Wabup Dompu Diarak Warga Daftar ke KPU

Sudah Negatif Corona, Bacalon Wabup Dompu Diarak Warga Daftar ke KPU

14
0
Sudah Negatif Corona, Bacalon Wabup Dompu Diarak Warga Daftar ke KPU


Dompu

Bakal Calon Wakil Bupati Dompu Nusa Tenggara Barat (NTB), Ika Rizky Veryani, yang sempat dinyatakan positif virus Corona (COVID-19) mendaftar Pilbup ke KPU Dompu. Hasil tes swab terakhir menunjukkan Ika telah negatif Corona.

Ika datang bersama pasangannya calon Bupati Dompu, H Syaifurahman, pada Minggu (6/9/2020) sore. Keduanya diantar oleh partai pengusung dan masyarakat pendukung serta simpatisannya.

Bacalon Wabup Dompu Daftar ke KPU (Faruck/detikom)

Sebelum masuk ke kantor KPU, Ika diarak di tengah kerumunan masyarakat. Dia juga tampak memakai masker, face shield, hingga sarung tangan.

“Kami hari ini datang mendaftar ke KPU,” kata calon bupati Dompu, H Syaifurahman, sesaat sebelum memasuki ruangan KPU.

Sementara itu, Ika mengaku sudah dua kali melakukan tes swab dan hasilnya negatif. Dia juga membawa bukti bebas Corona ke KPU.

“Saya sudah dua kali swab mandiri dan dinyatakan negatif. Ini yang saya bawa ke KPU,” ujar Ika.

Sudah Negatif Corona, Bacalon Wabup Dompu Diarak Warga Daftar ke KPUBacalon Wabup Dompu Daftar ke KPU (Faruck/detikom)

Ika datang ke KPU setelah dinyatakan negatif Corona berdasarkan hasil tes swab mandiri keluar dari RS Universitas Mataram (RS Unram) pada Sabtu (5/9) kemarin. Sekretaris Satgas COVID-19 Dompu, Jufri, juga membenarkan bahwa Ika sudah negatif. Namun, kata dia, Ika harus tetap menjalani isolasi mandiri.

“Meski hasilnya negatif, itu tidak dapat menggugurkan hasil positif yang pertama. Dia tetap harus melakukan isolasi mandiri selama 10 hari sesuai protokol COVID,” ungkap Jufri secara terpisah.

Karena harus mematuhi protokol, Jufri mengatakan pihaknya mengembalikan ke KPU jika akhirnya IR datang bersama pasangan calonnya mendaftar Pilkada 2020.

“Nanti terserah KPU, jika benar bisa dibuktikan dengan hasil negatifnya, silakan saja. Yang jelas kami harus sesuai protokol COVID,” tegasnya.

Untuk diketahui, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto telah menetapkan keputusan baru yang memuat definisi-definisi baru dalam penanganan pandemi COVID-19. Definisi kesembuhan itu dimuat dalam Bab V mengenai Manajemen Klinis dalam Keputusan Menkes Terawan tentang Pedoman Pencegahan Pengendalian COVID-19 yang ditandatangani Terawan pada Selasa (13/7). Berikut ini definisi terbaru sembuh COVID-19:

Pasien konfirmasi tanpa gejala, gejala ringan, gejala sedang, dan gejala berat/kritis dinyatakan sembuh apabila telah memenuhi kriteria selesai isolasi dan dikeluarkan surat pernyataan selesai pemantauan, berdasarkan penilaian dokter di fasyankes (fasilitas pelayanan kesehatan) tempat dilakukan pemantauan atau oleh DPJP (Dokter Penanggung Jawab Pelayanan).

Pasien konfirmasi dengan gejala berat/kritis dimungkinkan memiliki hasil pemeriksaan follow up RT-PCR persisten positif, karena pemeriksaan RT-PCR masih dapat mendeteksi bagian tubuh virus COVID-19 walaupun virus sudah tidak aktif lagi (tidak menularkan lagi). Terhadap pasien tersebut, maka penentuan sembuh berdasarkan hasil asesmen yang dilakukan DPJP.

(knv/knv)



Source

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here